PARTISIPASI PEMUDA DALAM PEMILU SERENTAK TAHUN 2024.

Oku Selatan,antainewstv.com – Mewakili Bupati OKU Selatan Popo Ali Martopo, B.Comm., hadir secara langsung Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik OKU Selatan Veri Wijaya, S.I.P, membuka secara langsung kegiatan Aktualisasi Peranan Pemuda dalam Menyambut Pemilu Aman dan Damai Tahun 2024, Kamis (14/12/2023).

Dalam sambutan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik OKU Selatan Veri Wijaya, S.I.P., sampaikan Pemuda sebagai penerus bangsa idealnya mempunyai peran dalam kemajuan bangsa, pentingnya peran generasi muda, sejatinya pemuda memiliki peran dan fungsi yang strategis dalam akselerasi pembangunan termasuk pula dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Baik buruknya suatu negara dilihat dari kualitas pemudanya, kerena generasi muda adalah pengurus dan pewaris bangsa dan negara. Generasi muda harus mempunyai karakter yang kuat untuk membangun bangsa dan semangat nasionalisme, pemuda berperan aktif sebagai agen perubahan dengan mengembangkan pendidikan politik dan demokratisasi,” ungkapnya.

Pemilihan umum 2024 mendatang merupakan langkah terbentuknya masyarakatnya yang adil, makmur, sejahtera, memilik kebebasan berekspresi dan berkehendak, dan mendapatkan akses terpenuhi hak sebagai warga negara.

Keterlibatan pemuda yang sadar pemilu dalam ekosistem digital kita akan meminimalisir konten negativ di dunia digital. Pemuda juga bisa ikut serta mengawasi proses pemilu di TPS pemuda bisa ikut memastikan bahwa tidak ada kecurangan di TPS Seperti kecurangan perhitungan suara, penentuan suara sah dan tidal sah serta kecurangan lainya.

Kapolres OKU Selatan AKBP. Listiyono Dwi Nugroho S.I.K.,M.H. sangat mengapresiasi Pemuda di Kabupaten OKU Selatan, selanjutnya Kapolres juga sampaikan Sebagaimana telah ditetapkan dalam UUD 1945 pada pasal 28, yang menetapkan bahwa hak warga negara dan penduduk untuk berserikat dan berkumpul, mengeluarkan pikiran dengan lisan maupun tulisan, 9dan sebagainya, syarat-syarat akan diatur dalam undang-undang. Pasal ini mencerminkan bahwa negara Indonesia bersifat demokrasi.

Dalam sejarah peradaban bangsa, pemuda adalah aset bangsa yang sangat mahal dan tidak ternilai harganya. Pemuda adalah tonggak bagi kemajuan dan pembangunan bangsa. Generasi muda menjadi komponen penting yang perlu dilibatkan dalam pembangunan sebuah bangsa. Hal ini dikarenakan generasi muda memiliki fisik yang kuat, pengetahuan yang baru, inovatif dan juga memiliki tingkat kreatifitas yang tinggi. Tanpa adanya peran pemuda sebuah bangsa akan sulit mengalami perubahan.

Selanjutnya Ketua umum keluarga mahasiswa serasan seandanan Sumsel Febriansyah sampaikan diskusi ini mengusung Tema ” Aktualisasi Peran Pemuda dalam menyongsong Pemilu Tahun 2024 dengan Aman dan Damai,”.

Pada kegiatan ini juga di hadirkan langsung empat Narasumber diantaranya
Kepala Dinas Pendidikan OKU Selatan, Kadispora OKU Selatan, Kajari OKU Selatan, Rektor STTIT Darul Huda Muaradua.

Bertempat di Gedung Aula PGRI Kabupaten OKU Selatan, turut hadir
Kapolres, Kajari, Kadisdik, Kadispora, Rektor STIT Darul Huda, Ketua Bawaslu dan undangan lainnya. ( jhon )

(Jhon)

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *