Upacara HUT RI Ke-79 Digelar Di IKN & Jakarta, Ini Penjelasan Menko PMK Muhadjir Effendi.

Jakarta, lantainewstv.com–Menteri Koordinator PMK Muhadjir Effendi menjelaskan skema penyelenggaraan Upacara HUT ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN) dan Istana Merdeka Jakarta sebagai simbol masa transisi pemerintahan, Kedua upacara tersebut akan digabung secara hybrid, terkoneksi antara 2 kegiatan tersebut.

“Nanti untuk upacara di Jakarta ada Wapres Maruf Amin bersama Gibran Rakabuming Raka sebagai Wapres terpilih, sementara upacara di IKN akan dipimpin Presiden Jokowi bersama Presiden terpilih Prabowo Subianto,” ungkap Muhadjir Effendy Senin (10/06/2024).

Dijelaskan sekitar 4 ribu masyarakat yang berada di sekitar IKN dan sekitarnya akan diundang untuk menghadiri Upacara HUT di IKN, seperti halnya upacara yang dilangsungkan sebelumnya di Jakarta bisa dihadiri masyarakat umum.

“Presiden minta undang 4 ribu-5 ribu masyarakat yang tinggal di sekitar IKN terutama di Kabupaten Penajam Paser Utara, Propinsi Kalimantan Timur dan beberapa kota lainnya, Upacara utama pengibaran bendera Merah Putih akan diselenggarakan di IKN, sehingga Bendera Pusaka, Paskibraka akan dibawa ke IKN. Kegiatan parade, kirab budaya dan pertunjukan seni tetap akan diselenggarakan seperti biasa dilakukan saat Upacara HUT sebelumnya di Istana Merdeka,” ujar Muhadjir Effendy.

Menko PMK menambahkan sejumlah Menteri, Pejabat Negara dan Dubes Negara sahabat akan mengikuti upacara di IKN, Sementara kehadiran tokoh Nasional seperti Mantan Presiden/Wapres di IKN atau di Istana Merdeka masih dalam pembahasan.

Muhadjir Effendy ungkap persiapan infrastruktur saat ini sudah di atas 80 persen, Pemerintah sedang mengebut pembangunan bandara di IKN dan jalan tol Balikpapan-IKN sehingga siap digunakan pada tanggal 17 Agustus nanti, Para tamu undangan direncanakan tiba di IKN pagi hari dan akan kembali ke Jakarta setelah mengikuti upacara dan peninjauan beberapa lokasi di IKN.

(Red)

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *