Puluhan Ribu Bibit Mangrove Ditanam Di Sepanjang Bibir Pantai Bumi Dipasena, Lampung.

Tulang Bawang, lantainewstv.com–Sebanyak 50 ribu bibit mangrove ditanam di sepanjang bibir pantai Bumi Dipasena, Kabupaten Tulangbawang, Lampung, Puluhan ribu bibit mangrove itu ditanam oleh masyarakat Kampung Bumi Dipasena Utama, Tulangbawang, Lampung bersama Yayasan Gajah Sumatera.

Hal tersebut dikatakan langsung oleh Ketua Kelompok Pembibitan Mangrove Bumi Dipasena Utama, Tulangbawang, Lampung, Sutikno Widodo, Minggu (18/2/2024).

“Penanam bibit mangrove ini dilakukan oleh masyarakat sekitar bersama Yayasan Gajah Sumatera di sepanjang bibir pantai Bumi Dipasena Utama yang sudah mengalami degradasi akibat ombak,” ujarnya.

Widodo pun menyebut luasan penanam bibit mangrove itu bisa mencapai 20 hektare, Dijelaskan Widodo pada penanam mangrove kali ini cukup berbeda jika dibandingkan pada akhir tahun 2023, Pasalnya kata dia, penanam kali ini tidak menggunakan sistem penanam colok propagule atau buah mangrove secara langsung tanah.

Ditambahkan Widodo, masyarakat yang terlibat dalam proses penanam bibit mangrove itu ada sekitar 30 orang dan mereka semua mendapatkan upah atas usaha yang dilakukannya, Yang diharapkan dapat menambah penghasilan keluarga di Kampung Bumi Dipasena Utama.

Lebih lanjut, Widodo menuturkan jika dana yang ada untuk penanam mangrove ini didapat dari dukungan VNV Advisory Perancis dan implementator nya adalah Yayasan Gajah Sumatra.

(Red)

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *