Pesta Sekura Siap Digelar Pekon Kerang, Lampung Barat Pada Lebaran.

Lampung Barat, lantainewstv.com–Pekon Kerang, Kecamatan Batu Brak, Lampung Barat, Lampung mulai mempersiapkan gelaran Pesta Budaya Sekura pada Lebaran, Diketahui, Pekon Kerang Lampung Barat telah menetapkan jadwal penyelenggaraan pesta budaya sekura pada 4 Syawal mendatang.

Ketua Pelaksana Pesta Budaya Sekura Pekon Kerang Lampung Barat, Ariyan mengatakan, persiapan yang dilakukan guna menyambut sekaligus mensukseskan acara itu.

“Persiapan yang sudah dilakukan yakni penetapan lokasi, urus izin keramaian, dan menyiapkan berbagai fasilitas penunjang,” Katanya.

“Kawan-kawan juga sudah mempersiapkan batang pinang nya, Karena pesta ini memang erat kaitan dengan panjat pinang sehingga ini jadi salah satu hal pokok yang harus dipersiapkan,” ujar dia, Sabtu (30/3/2024).

Batang pinang itu kemudian dibersihkan kulit luarnya dan dibiarkan beberapa hari untuk kembali dipasang atribut-atribut menarik, Aiyan mengatakan, pihaknya telah menyiapkan sebanyak lima pohon pinang untuk menyambut gelaran pesta budaya yang sudah terlaksana secara turun temurun ini.

Proses menyiapkan batang pinang ini merupakan proses yang terbilang sulit sebab diperlukan banyak tenaga dalam proses tersebut.

“Untuk bagian tersulit mungkin pengambilan batang pinang ini karena memang enggak bisa hanya satu dua orang saja,” kata dia.

“Perlu banyak orang mulai dari nebang sampai gotong ke lokasi pemasangan, di sinilah pentingnya gotong royong,” sambungnya.

Setelah itu pihaknya juga akan melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait agar penyelanggaraannya bisa berjalan dengan lancar dan sesuai harapan masyarakat, Koordinasi itu sangat perlu dilakukan karena gelaran pesta ini nantinya akan dilakukan di sepanjang jalan umum.

(Red)

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *