Pemuda Lintas Agama Ikut Menjaga Perayaan Hari Raya Nyepi Di Tulang Bawang.

Tulang Bawang, lantainewstv.com–Perayaan Hari Raya Nyepi Catur Brata Penyepian Tahun Baru Saka 1946 di Kampung Bali Mekar Dewata, Kecamatan Banjar Agung, Kabupaten Tulangbawang, Lampung dijaga ketat oleh Pecalang dibantu pemuda lintas agama, Senin (11/3/2024).

Pantauan awak media, suasana penyepian di Kampung Bali Mekar Dewata, Kabupaten Tulangbawang nampak khusyuk, Karena tidak terlihat aktivitas masyarakat yang bekerja di Kampung Bali Mekar Dewata.

Hanya beberapa warga yang bertugas sebagai pecalang dan pemuda lintas agama yang membantu penjagaan masyarakat umat Hindu saat perayaan Nyepi, Andreas Sugianto Pemuda Lintas Agama setempat mengaku penjagaan ini menjadi rutinitas tahunannya.

“Penjagaan ini sudah tiap tahun kami menjaga umat Hindu dalam perayaan nyepi di Kampung Bali Tulangbawang,” ujarnya.

Kemudian Andreas mengatakan penjagaan saat perayaan Nyepi juga menjadi salah satu sikap toleransi antar umat beragama di Kabupaten Tulangbawang, Apalagi, dengan adanya penjagaan ketat ini dapat menambah kekhusyuan masyarakat umat Hindu dalam beribadah.

Dijelaskan Andreas ada ribuan umat Hindu di Kampung Bali Mekar Dewata merayakan ibadah Nyepi tahun ini, Dalam penjagaannya, pecalang dibantu pemuda lintas agama menjaga tiga titik lokasi pintu masuk kampung yang biasanya ramai dilalui kendaraan.

(Red)

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *