Kemenag Lampung Gelar Kampanye Wajib Sertifikasi Halal 2024 Di Pasar Cimeng Telukbetung.

Bandar Lampung, lantainewstv.com–Kanwil Kemenag Lampung bersama Satgas menggelar Kampanye Wajib Sertifikasi Halal 2024 di Pasar Cimeng Telukbetung dan Pasar Tani Kemiling, Kamis (4/4/2024).

Kampanye yang diinisiasi Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) itu mengusung tema WHO atau Wajib Halal Oktober 2024 yang dilaksanakan secara serentak di 1.000 titik seluruh Indonesia, termasuk Lampung.

Dikatakan, kegiatan kampanye serentak tersebut bertujuan untuk menyosialiasikan sekaligus mengingatkan bahwa mulai 17 Oktober 2024, semua produk sembelihan dan turunannya harus bersertifikat halal.

Terkhusus untuk jasa pemotongan hewan, harus sesuai dengan Undang-undang Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal dan Peraturan Pemerintah Nomor 39 Tahun 2021.

Kemudian diingatkan pula oleh salah satu Kepala Satgas Kemiling, apabila ada pelaku usaha yang belum melakukan sertifikasi halal pada produknya maka sanksi teguran secara administratif hingga pencabutan izin edar bisa diberlakukan pada pelaku usaha terkait.

Pada kunjungannya, jajaran Kanwil Kemenag bersama para satgas yang datang ke pasar berkeliling dan mengunjungi beberapa Rumah Potong Hewan (RPH) serta para pedagang produk sembelihan.

Brosur yang berisi informasi mengenai sertifikasi halal dibagikan sembari melangsungkan aksi sosialisasi, Puji mengatakan saat ini total produk yang sudah bersertifikasi halal di Provinsi Lampung sudah sebanyak 128.683.

Dia berharap Lampung menjadi provinsi yang terdepan terkait sertfikasi halal dan menjadi kawasan halal untuk seluruh produk makanan, Kepala BPJPH Lampung Marwansyah berharap seluruh stakeholder terkait dan awak media bisa ikut membantu mengampanyekan WHO 2024.

(Red)

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *