Kejari Lampung Barat Lakukan Investigasi Dugaan Aktivitas Ilegal Di TNBBS.

Lampung Barat, lantainewstv.com–Kejaksaan Negeri (Kejari) Lampung Barat melalui Bidang Intelijen akan melakukan investigasi menyeluruh terkait serangan harimau terhadap dua warga Suoh dan Bandar Negeri Suoh (BNS) hingga tewas sejak beberapa waktu lalu.

Kasie Intel Kejari Lampung Barat Ferdy Andrian menjelaskan bahwa fokus utama investigasi yang akan dilakukan yakni melibatkan potensi kegiatan ilegal seperti pembalakan dan penambangan liar di wilayah ekosistem harimau di Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS).

“Kami akan menelusuri apakah ada keterkaitan antara kegiatan ilegal dengan masuknya harimau ke pemukiman warga, Dugaan tersebut dapat berpotensi menjadi tindak pidana yang merugikan negara,” kata dia, Sabtu (2/3/2024).

Dia menekankan bahwa isu-isu terkait kerusakan ekosistem dan lingkungan akan menjadi fokus utama dalam penegakan hukum. Komitmen tersebut sejalan dengan upaya melindungi keberlanjutan ekosistem harimau Sumatera.

Ferdy menekankan pentingnya partisipasi aktif masyarakat dalam menjaga lingkungan sebagai langkah pencegahan tidak hanya terhadap serangan hewan liar, tetapi juga untuk melindungi sumber daya alam yang berharga.

“Mencegah serangan yang membahayakan warga, Masyarakat diundang untuk berperan aktif dengan memberikan informasi terkait aktivitas ilegal yang dapat merusak ekosistem, demi keamanan dan mencegah kerugian negara,” tegasnya.

Kejari Lampung Barat menyoroti pemahaman hukum terkait kegiatan yang dapat merusak ekosistem, Warga diingatkan untuk menghindari praktik pembalakan dan penambangan liar yang dapat mengancam keseimbangan alam.

Dirinya menegaskan pelaku yang terlibat dalam dugaan tindak pidana di bidang lingkungan hidup akan ditindak sesuai hukum yang berlaku, Kejari Lampung Barat berkomitmen mendukung pelestarian alam dan keberlanjutan ekosistem.

(Red)

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *