Jokowi Harap Jalan Di 17 titik di lampung dari dana inpres Rp850 Miliar Awet Puluhan Tahun.

Rumbia, lantainewstv.com–Presiden Joko Widodo mengharapkan pembangunan jalan di 17 titik di Lampung Tengah, Lampung Selatan, dan daerah lainnya di Lampung, yang bersumber dari dana Inpres 850 miliar rupiah awet puluhan tahun.

Jokowi meminta hal itu, Jumat, 27 Oktober 2023, usai melihat pengerjaan jalan ruas Simpang Randu – Rumbia, Lampung Tengah, dengan sistem rabat beton 30 sentimeter, dan sempat viral sebagai “Jalan Roro Jonggrang” beberapa bulan lalu.

Didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Jokowi memperoleh laporan pengerjakan jalan dari Dana Inpres itu sudah selesai 60 persen. Tidak 40 persen, seperti diklaim Plh Kepala Dinas BMBK Lampung Muhammad Taufiqullah, sehari sebelumnya, saat menyambut Jokowi di Hotel Novotel.

Presiden juga menyempatkan mendengarkan laporan perkembangan dari petugas terkait di Posko yang didirikan di pinggir jalan, di dekat SPBU Jalan Simpang Randu – Rumbia, yang selama ini sering menjadi meme warga, untuk memperlihatkan rusaknya jalan di sana.

Meskipun tidak seheboh Mei lalu, kedatangan Jokowi mengecek pembangunan jalan di Lampung Tengah disaksikan ratusan warga dari pukul 10:30 WIB. Beberapa mereka menyebut kedatangan kali ini mengobati rasa kecewa sebelumnya, saat Presiden tidak jadi datang ke sana.

Usai mengecek jalan, Jokowi bergerak menuju Pasar Rumbia, Warga yang menyambut lebih ramai di sini dan jumlahnya mencapai ribuan. Mereka menunggu dari pagi dan baru lega setelah melihat Presiden tiba sekitar pukul 11:00.

Suasana menjadi riuh saat Jokowi melempar kaus kepada warga, sebagaimana kebiasaannya saat berkunjung ke daerah. Banyak dari penduduk berteriak meminta, sehingga Presiden menjadi sibuk sejenak melempari hadiah tersebut.

Arif Munandar, warga BK-1, mengatakan ia senang karena memperoleh salah satu dari kaos yang dilemparkan Jokowi. Adi Nurdiansyah, seorang pedagang UMKM, menyebut ia, bahkan, sempat bersalaman dengan Presiden dan memperoleh hadiah.

Jokowi berada di sekitar Rumbia sekitar sejam. Setelah pukul 11:30, Presiden dan rombongan bergerak menuju masjid di Kampung Sidobinangun, Kecamatan Way Seputih, Lampung Tengah, dan menunaikan shalat Jumat di sana.

Sebelum ke Rumbia, Kepala Negara juga singgah di Metro dari pukul 08:15 hingga 09:15 dan mengunjungi SMK 3 Metro. Jokowi bertemu dengan para pelajar dan guru sekolah tersebut di lapangan olahraga yang berada di bagian tengah.

Sejumlah warga berdiri di pinggir jalan melihat rombongan Jokowi lewat. Beberapa dari mereka memperoleh hadiah kaos, yang dilemparkan oleh Presiden dari dalam mobilnya.

Karena melalui sejumlah jalan, penjagaan di Metro diperketat oleh petugas, dengan menjaga simpang jalan yang dilewati oleh Jokowi. Mereka juga menutup akses sejumlah jalan pada pagi itu, untuk mempersilakan rombongan Presiden melewati Metro menuju Rumbia, Lampung Tengah.

(Red)

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *