Jemaah Tarekat Naqsabandiyah Di Padang Gelar Sholat Idul Adha Pada Tanggal 15 Juni Kemarin.

Padang, lantainewstv.com–Jemaah Tarekat Naqsabandiyah di Padang, Sumatera Barat, akan memperingati Hari Raya Idul Adha 2024 pada 15 Juni Kemarin, Penentuan Hari Raya Idul Adha ini sudah dilalukan sejak Ramadhan lalu dengan menggunakan metode hisab, rukyat, dalil, ijmak, dan qiyas.

Salah satu lokasi jemaah Tarekat Naqsabandiyah yang akan melaksanakan Salat Idul Adha adalah Surau Baru, di Kelurahan Cupak Tangah, Kecamatan Pauh, Kota Padang, Surau ini merupakan basis Tarekat Naqsabandiyah di Padang yang dibangun oleh Syekh Muhammad Thaib pada tahun 1910 dan menjadi surau tertua milik Naqsabandiyah.

“Sabtu kita raya, itu tepatnya tanggal 15, Untuk penentuan hari raya ini sudah kita tentukan sejak puasa lalu, Sementara hari raya kita serentak untuk Naqsabandiyah di Kota Padang,” kata pengurus sekaligus Imam Surau Baru, Zahar, kepada awak media, Jumat (14/6/2024).

Zahar menyebut terdapat 14 musala jemaah Tarekat Naqsabandiyah yang akan melaksanakan salat Hari Raya Idul Adha pada Sabtu Kemarin, Sementara usai salat, di setiap musala akan dilakukan penyembelihan hewan kurban.

“Sebaran Surau kami yang akan melaksanakan Salat Idul Adha pada Sabtu ada 14, Itu ada 10 di Padang, 2 Solok, dan 2 lagi di Pesisir Selatan, Jadi total 14 Surau yang mengikuti aliran Syekh Muhammad Thaib akan raya pada hari itu,” jelasnya.

“Sementara penyembelihan hewan kurban kami akan dilakukan di hari Sabtu dan Minggu di setiap surau, Dagingnya akan disebarkan ke jemaah kami,” sambungnya.

Zahar juga membenarkan terjadinya perbedaan Penentuan Hari Raya Idul Adha Naqsabandiyah aliran Syekh Muhammad Thaib dengan Naqsabandiyah yang lain.

“Kita tidak serentak Hari Raya Idul Adha dengan Naqsabandiyah yang lain, Hari Sabtu itu mungkin hanya aliran Surau Baru yang dibawakan Syekh Muhammad Thaib yang salat, Yang lain mungkin beda, karena Naqsabandiyah banyak,” tutupnya.

Dengan ditentukan hari Sabtu menjadi Hari Raya Idul Adha Naqsabandiyah di Kota Padang, dipastikan Naqsabandiyah di Padang akan lebih cepat 2 hari dalam melaksanakan salat Idul Adha dari pemerintah dan ormas Islam seperti N U dan Muhammadiyah.

Diketahui pemerintah, N U, dan Muhammadiyah akan melaksanakan salat raya Idul Adha serentak pada Senin, 17 Juni 2024.

(Red)

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *