Harga Gabah Yang Anjlok Saat Musim Panen Dikeluhkan Petani Di Lampung Tengah.

Lampung Tengah, lantainewstv.com–Petani padi di Lampung Tengah mengeluhkan harga gabah anjlok saat musim panen, Harga gabah saat ini dihargai Rp 6.100 per kilogram di wilayah Lampung Tengah, Seperti yang dikeluhkan Udin, petani asal Kecamatan Seputih Agung, Lampung Tengah gang saat ini sudah memanen padi miliknya.

“Masuk panen raya malah harga gabah hancur, harga pupuk mahal, nggak tau nasib petani harus bagaimana ini,” katanya kepada awak media, Sabtu (16/3/2024).

Udin menyebutkan, pada musim sebelumnya harga gabah bisa tembus di Rp 7.500 per kilogram, Namun, lanjutnya, saat ini paling banter harga jual gabah di Rp 6.200 per kilogram.

“Ada yang Rp 6.100 ada yang Rp 6.100, harganya turun terus ini,” katanya.

Udin meneruskan, dengan harga jual seperti itu, penghasilan petani tidak mendapat keuntungan, bahkan ada yang rugi, Menurutnya, faktor utama penyebabnya adalah pupuk, Udin dan petani lainnya saat ini berkutat dengan biaya produksi mereka.

“Beli pupuk subsidi susahnya bukan main. Kalau beli pupuk non subsidi kita mampu, tapi panen rugi karena harga nggak sesuai,” katanya.

Dia berharap, urusan petani bisa dipermudah agar mereka bisa produksi padi dan beras secara berkala, Kemudian, segala permasalahan yang ada, mereka harap bisa ada jalan keluarnya.

“Terutama masalah pupuk, kita harapkan petani bisa dipermudah,” tutupnya.

(Red)

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *