Capres Nomor Urut 01 Anies Baswedan Dilaporkan Ke Bawaslu Oleh PHPB.

Jakarta, lantainewstv.com–Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menerima laporan dugaan fitnah oleh Calon Presiden RI Anies Baswedan terhadap Calon Presiden RI Prabowo Subianto pada debat ketiga Pilpres 2024, Minggu (7/1/2024).

Laporan tersebut disampaikan oleh kelompok masyarakat yang mengatasnamakan Pendekar Hukum Pemilu Bersih (PHPB), dan Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran, Data, dan Informasi Bawaslu RI, Puadi, telah mengkonfirmasi penerimaan laporan tersebut.

“Ya, laporan sudah kami terima, Bawaslu akan melakukan kajian awal sebagaimana diatur dalam Peraturan Bawaslu Nomor 7 Tahun 2022 tentang Temuan dan Laporan (Pelanggaran),” kata Puadi di Kantor Bawaslu RI, Jakarta, Selasa, (9/1/2024).

Puadi menyatakan bahwa Bawaslu akan melakukan kajian awal sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam Peraturan Bawaslu Nomor 7 Tahun 2022 tentang Temuan dan Laporan Pelanggaran.

Perwakilan PHPB, Subadria Nuka, melaporkan Anies Baswedan atas dugaan fitnah terkait pernyataan yang disampaikan dalam debat ketiga Pilpres 2024.

Subadria Nuka menjelaskan bahwa laporan mereka meminta agar Bawaslu RI segera menindaklanjuti agar pelapor dapat segera diproses.

Dia berpendapat bahwa pernyataan Anies merupakan bentuk penghinaan terhadap Prabowo Subianto, yang diketahui memiliki kinerja terbaik sebagai menteri pada masa pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Dalam laporan tersebut, Subadria menilai pernyataan Anies Baswedan dapat melanggar Pasal 280 ayat (1) huruf c juncto Pasal 521 Undang-Undang Pemilu dan Pasal 72 ayat (1) huruf c Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 20 Tahun 2023 tentang Kampanye Pemilu.

(Red)

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *