Bencana Alam Terjang NTT Mulai Dari Pohon Tumbang Hingga Jembatan Yang Ambruk.

Malaka, lantainewstv.com–Sejumlah bencana alam menerjang Nusa Tenggara Timur (NTT) akibat cuaca ekstrem sejak Minggu (10/3/2024) hingga Senin (11/3/2024), Mulai dari Kabupaten Flores Timur, Manggarai Timur, hingga Malaka.

Sebelumnya, BMKG mengeluarkan peringatan dini potensi bencana banjir dan longsor di seluruh daerah di NTT, Peringatan dini cuaca ektrem tersebut pada periode 8-14 Maret 2024. Berikut rangkumannya.

Tingginya intensitas hujan disertai angin kencang di Kabupaten Flores Timur menyebabkan tiga rumah warga di Desa Kolaka, Kecamatan Tanjung Bunga, rusak ditimpa pohon beringin, Minggu. Hujan terjadi hingga Senin.

Pantauan awak media, angin kencang hampir terjadi di seluruh wilayah Kabupaten Flores Timur, Tanaman jagung milik warga roboh seusai dihajar angin kencang selama dua hari belakangan ini.

Bahkan, satu jembatan ambruk dan beberapa jalan penghubung desa penuh dengan material batu dan tanah.

Kepala Bidang Kedaruratan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Avi Manggota Hallan mengatakan jembatan penghubung antara Desa Lewobele dan desa lainnya juga putus karena banjir.

“Pak Kalak (BPBD) sudah menyerahkan bantuan tanggap darurat. Ada paket sembako dan hygiene kids, serta makanan siap saji kepada korban terdampak angin kencang yang rumahnya ditimpa pohon rita dan beringin di Desa Kolaka,” ujarnya kepada awak media, Senin.

Selain jembatan putus, longsor juga terjadi di jalan menuju Desa Lamanabi dan Pantura di Kecamatan Tanjung Bunga, Batu dan tanah tampak menyatu di jalan beraspal tersebut.

(Red)

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *